Kahyangan

Posted On 19 Februari 2009

Filed under Wisata Spiritual

Comments Dropped leave a response

Objek wisata kahyangan

Objek wisata kahyangan

Kahyangan merupakan tempat wisata spiritula. Disini konon merupakan tempat petilasan (bekas) tempat Panembahan Senopati Ing ngalogo ( Pendiri Kerajaan Mataram Islam ) bertapa. Pada suatu hari dalam pertapaannya, didatangi Ratu laut selatan (Ratu Nyai Roro Kidul), yang bersedia membantu Panembahan Senopati untuk menjadikan raja di Tanah Jawa, dengan syarat semua Raja Mataram mau menjadi suami Nyai Roro Kidul. Dan akhirnya Panembahan Senopati bisa menjadi Raja di Mataram.
Sehingga sampai sekarang tempat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal, terutama warga Yogyakarta, untuk bertirakat disini, apalagi di malam Jum’at Kliwon. Terutama warga Yogyakarta, yang merasa hidupnya telah berhasil, baik menjadi pejabat ataupun orang kaya, yang diperantauan ataupun yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya.
Dan untuk warga di Wonogiri sendiri, tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk melepas ketegangan setelah sekian lama bekerja. Disini bisa kita jumpai Kebun binatang mini ( Monyet dan burung ). Disamping itu bagi para petualang, perbukitan dikahyangan bisa dijadikan tempat untuk melemaskan otot, dengan mendaki bukit diatas air terjun. Dan khusus dibulan Syaban, terutama sehari menjelang bulan Ramadhon, banyak warga sekitar mandi2 (padusan) di sungai (kedhung) dibawah air terjun. ( Peringatan, kalau main2 ditepi kedhung harap hati2. Karena bebatuan disini licin, sehingga bisa mengakibatkan terpeleset) dan jatuh kedalam kedhung.
Transportasi, dari Wonogiri naik Bus Mini, tujuan Tirtomoyo. Turun di terminal Tirtomoyo, naik Angdes (Colt), tujuan Kahyangan. Ongokos kira2 Rp 3000 – Rp 4000
Bagi yang membawa kendaraan sendiri, dari Wonogiri (Perempatan Ponten) belok kiri, kejurusan Ponorogo. Sekitar 10 KM perjalanan, sampai Ngadirojo, belok Kanan, ke jurusan Baturetno. Kira2 30 menit perjalanan (kecepatan sedang), sampailah dipertigaan Karang Turi. Ambil jalan lurus, melewati jembatan. (Jembatan besar kearah Batu Retno).
Sekitar 3 Km dari sini, akan dijumpai pertigaan kearah kanan dan jembatan besar. Ikuti arah jembatan itu. 1 Km dari situ, terdapat pertigaan jalan yang salah satu sudutnya ada lapangan Banyak Prodo, belok kiri. Ikuti jalan beraspal, melewati Bedhingin, Cangkring dan kemudian Taman. Jangan lupa mampir ke Abah House. Jika anda kehabisan Bensin, bisa tambah bensin di Depot bahan bakar Abah, sekalian ganti olie. Kalo perlu, disebelah ada warung nasi dan minum.
Setelah kendaraan terisi bahan bakar, perjalan bisa dilanjutkan shingga sampai pertigaan Tumpuk.Ikuti jalanan yang menanjak, telusuri jalanan yang beraspal, sampai terminal Kahyangan.
Selanjutnya sedikit berjalan kaki, sampailah diair terjun, beserta gua kecil tempat/ petilasan pertapaan Panembahan Senopati.
Selamat menikmati perjalanan anda, semoga selamat sampai tujuan, dan kembali dirumah dengan badan kembali fresh lahir bathin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s